Jumat, 26 Desember 2014

9 Hal yang Membuat Otak Anda Bisa Turun IQ dan Daya Ingatnya

membuat-iq-daya-ingat-otak-turun

Tidak menutup kemungkinan aktivitas harian Anda kurang optimal, karena mungkin IQ dan daya ingat Anda menurun. Sugguh sangat tidak enak, dan sangat menghambat..

Nah, berikut ini, adalah 11 hal yang bisa membuat turunnya IQ dan daya ingat otak Anda...

1. Merokok

Bukan main, dampak rokok itu menyeramkan banget loh buat otak. Contohnya saja, monoksida. Tahu nggak Anda? Monoksida itu, dia bisa menghalangi kemampuan darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk salah satunya otak Anda.

Tidak heran kalau gitu pun penyusutan otak semakin segera. Kalau sudah menyusut, maka fungsi-fungsinya pun akan semakin menghilang. Sehingga ada pula sebagian orang yang seperti itu, akhirnya terjangkit penyakit Alzheimer.

Belum lagi satu lagi yang bahaya di rokok itu, zat nikotin. Nikotin itu, dia itu bisa menurunkan kadar kolesterol baik Anda. Dan malah yang meningkat nanti adalah kolesterol buruk Anda. Hingga kemudian transportasi lemak pun terintervensi, lalu akhirnya tersumbatlah pembuluh darah Anda.

Selanjutnya, silahkan Anda tebak.. sekiranya transportasi nutrisi dan oksigen ke otak terhalang, serta otak tidak mendapatkan oksigen, apa yang akan terjadi??

2. Nggak Sarapan Pagi

Boleh nanti Anda cek, mereka yang nggak sarapan pas pagi-pagi, kemungkinan besar kada gula dalam darahnya turun itu. Maka berkurang pulalah nutri yang mengalir ke otak mereka. Nggak heran, kadang pas lagi di kelas, atau di kantor, agak lemah-lemah gimanaa gitu kinerja otaknya..

3. Kurang Bobok

Pas bobok, itulah saat-saat otak bakal istirahat, supaya kemampuannya terpulihkan. Sekiranya Anda kurang bobok dalam waktu yang tak ringkas, maka sel-sel otak Anda akan mengalami kerusakan dengan segera. Akhirnya, otak mau diajak ngapa-ngapain pun susah, karena lelah dia..

Baca juga artikel terkait lainnya: Obat Herbal Meningkatkan Daya Ingat Otak - Suplemen Kecerdasan: OmegaSqua K-LINK

4. Kepala Ditutup Pas Bobok

Kadang ada yang sengaja nih nutupin kepalanya pas bobok, ada pula yang nggak sengaja. Tapi, sejatinya, itu semua bisa diantisipasi mah.

Soalnya,bahaya nanti kan kalau oksigen nggak masuk kehidung Anda. Nanti jadi meningkat pula konsentrasi zat kanrbondioksida, sehingga turunlah proses penghirupan oksigen, lalu akhirnya terjadi kerusakan pada otak Anda. Hiii!! 

5. Tingginya Kadar Gula

Nggak jarang, mereka yang kena diabetes, atau gula darahnya tinggi, suka ngantuk-an kan? Itulah makanya. Kebanyakan asupan gula, bisa menghalangi penyerapan protein-protein, dan gizi-gizi, sehingga bikin otak jadi kurang nutrisi, dan inbalance gizi, lalu akhirnya terganggulah perkembangan otak Anda

6. Kebanyakan Makan Asal-Asalan

Padahal Rasulullah Saw sudah mewanti-wanti, bahwa 1/3 perut itu baiknya diisi makanan, 1/3 lainnya diisi air, dan 1/3 lainnya diisi udara.

Baca juga artikel terkait lainnya: 20 Cara Terbukti Meningkatkan IQ, Hingga Cerdas-Cemerlangnya Anda Sulit Disaingi

Siapa yang kebanyakan makan, maka pembuluh otaknya bisa mengeras, lantaran terjadi peniumbunan lemak di dinding pembuluh darah. Hingga akhirnya melemahlah kinerja otak, terutama kekuatan mental. 

7. Maksain Kerja Pas Lagi Sakit

Tidak perlu Anda paksa. Lagian nanti hasilnya juga kemungkinan besar nggak akan optimal. Biarkanlah otak Anda istirahat duluuu. Kan nanti kalau udah mendingan, justru lebih mantap lagi insya Allah hasil kerjaan Anda kan?

8. Kebanyakan Diem

Diem saja sekiranya tidak ada kebaikan yang bisa diucapkan. Bukan sembarang diem. Hati-hati, jangan salah Anda dalam mengamalkan "Berkata yang baik atau diam.."

Karena bicara itu penting juga.

9. Kebanyakan Kena Polusi Udara

Anda tentu udah tahu bahwa kita perlu oksigen, namun, barangkali Anda belum tahu, bahwa bagian tubuh kita yang sangat memerlukan oksigen tersebut adalah, otak kita. Makanya, bahaya sebetulnya kalau berlama-lama, dan sering banget, diri Anda berada di tempat yang banyak akan udara polusi. Itu membuat suplai oksigen ke otak Anda menurun, hingga kemudian menurunlah kinerja otak Anda.

Baca juga artikel terkait lainnya: 17 Cara Teruji Meningkatkan Daya Ingat Otak dengan Cepat

Refrensi materi: Wikipedia
Sumber gambar: Pixabay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar